Pengertian dan Sejarah HTML - HTML 1

Pengertian dan Sejarah HTML

HTML adalah singkatan dari Hyper Text Markup Language, yang merupakan bahasa yang paling banyak digunakan di Web untuk mengembangkan halaman web. HTML diciptakan oleh Berners-Lee pada akhir tahun 1991 namun "HTML 2.0" adalah spesifikasi HTML standar pertama yang dipublikasikan pada tahun 1995. HTML 4.01 adalah versi utama HTML dan diterbitkan pada akhir tahun 1999. Meskipun versi HTML 4.01 banyak digunakan namun saat ini kami memiliki versi HTML-5 yang merupakan perpanjangan HTML 4.01, dan versi ini telah terbit pada tahun 2012.

Berikut beberapa difinisi HTML
  • HTML merupakan bahasa dasar pembuatan web. Disebut dasar karena dalam membuat web, jika hanya menggunakan HTML tampilan web terasa hambar. Terdapat banyak bahasa pemrograman web yang ditujukan untuk memanipulasi kode HTML, seperti JavaScript dan PHP. Akan tetapi sebelum anda belajar JavaScript maupun PHP, memahami HTML merupakan hal yang paling awal.
  • HTML bukanlah bahasa pemrograman (programming language), tetapi bahasa markup (markup language), hal ini terdengar sedikit aneh, tapi jika anda telah mengenal bahasa pemrograman lain, dalam HTML tidak akan ditemukan struktur yang biasa di temukan dalam bahasa pemrograman seperti IF, LOOP, maupun variabel. HTML hanya sebuah bahasa struktur yang fungsinya untuk menandai bagian-bagian dari sebuah halaman.
Awalnya, HTML dikembangkan dengan maksud untuk mendefinisikan struktur dokumen seperti judul, paragraf, daftar, dan sebagainya untuk memudahkan berbagi informasi ilmiah antar peneliti.

Sekarang, HTML digunakan secara luas untuk memformat halaman web dengan bantuan berbagai tag yang tersedia dalam bahasa HTML.

Panduan Dasar HTML

Dalam bentuknya yang paling sederhana, berikut adalah contoh dokumen HTML -
<!DOCTYPE html>
<html>

   <head>
      <title>This is document title</title>
   </head>
 
   <body>
      <h1>This is a heading</h1>
      <p>Document content goes here.....</p>
   </body>
 
</html>

Cara menjalankan file HTML

Save teks diatas sebagai contoh.html pada folder HTML pada htdocs jika memakai xampp Setelah itu jalankan file contoh.html kita dengan cara double klik file tersebut, atau klik kanan –> Open With –> Firefox (jika anda menggunakan web browser firefox)

Selamat! file HTML kita sudah dapat berjalan, walaupun sebenarnya belum ada satupun kode HTML didalamnya.

Dari percobaan ini kita dapat melihat bahwa setiap halaman HTML harus diakhiri dengan ekstensi .html. Anda mungkin juga akan menemukan beberapa halaman juga memiliki ekstensi .htm, ekstensi ini digunakan untuk mendukung Windows versi lama yang masih menggunakan ekstensi 3 huruf di belakang sebuah file.

Basic Tag HTML

Seperti yang diceritakan sebelumnya, HTML adalah bahasa markup dan memanfaatkan berbagai tag untuk memformat konten. Tag ini dilingkupi kurung sudut <Tag Name>. Kecuali beberapa tag, sebagian besar tag memiliki tag penutup yang sesuai. Misalnya, <html> memiliki tag penutup </ html> dan tag <body>  </ body>  dan tag lainnya. 


Loading...
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments