Kriptografi, Teknik Merahasiakan Informasi

Kriptografi, Teknik Merahasiakan Informasi

Pengertian, Sejarah dan Jenis Kriptografi
An Overview of Cryptography 

Manusia dari usia memiliki dua melekat kebutuhan − pertama, untuk berkomunikasi dan berbagi informasi dan kedua untuk berkomunikasi secara selektif. Kebutuhan ini dua memunculkan seni pengkodean pesan sedemikian rupa bahwa hanya dimaksudkan orang bisa memiliki akses ke informasi. Orang-orang yang tidak sah tidak dapat mengekstrak informasi apapun, bahkan jika pesan orak jatuh di tangan mereka.

Seni dan ilmu menyembunyikan pesan untuk memperkenalkan kerahasiaan dalam keamanan informasi diakui sebagai kriptografi.

Kata 'Kriptografi' diciptakan dengan menggabungkan dua kata Yunani, 'Krypto' makna tersembunyi dan 'grafena' berarti menulis.


Seni kriptografi dianggap dilahirkan dengan seni menulis. Seperti peradaban berevolusi, manusia mendapat diatur dalam suku, kelompok, dan kerajaan. Hal ini menyebabkan munculnya ide-ide seperti daya, pertempuran, supremasi, dan politik. Ide - ide ini lebih lanjut memicu alam membutuhkan orang untuk berkomunikasi secara diam - diam dengan penerima selektif yang pada gilirannya memastikan evolusi terus - menerus kriptografi juga.
Akar kriptografi yang ditemukan di peradaban Romawi dan Mesir.


Bukti pertama tentang kriptografi dapat ditelusuri ke penggunaan 'h
ieroglyph
'. Beberapa 4000 tahun yang lalu, orang Mesir digunakan untuk berkomunikasi dengan pesan yang ditulis dalam h
ieroglyph
. Kode ini adalah rahasia yang diketahui hanya untuk ahli-ahli Taurat yang digunakan untuk mengirimkan pesan atas nama raja - raja. Satu h
ieroglyph 
seperti ditunjukkan di bawah.
Kriptografi, Teknik Merahasiakan Informasi
Kemudian, para pendahulu pindah ke menggunakan sandi substitusi sederhana mono-abjad selama 500 untuk 600 SM. Ini melibatkan menggantikan abjad pesan dengan aksara lain dengan beberapa aturan rahasia. Aturan ini menjadi kunci untuk mengambil pesan kembali dari pesan kacau.
Metode Romawi sebelumnya kriptografi, dikenal sebagai Caesar Shift Cipher, bergantung pada pergeseran huruf pesan oleh jumlah yang telah disepakati (tiga adalah pilihan umum), penerima pesan ini kemudian akan bergeser huruf kembali dengan nomor yang sama dan mendapatkan pesan awal.
Kriptografi, Teknik Merahasiakan Informasi


Steganografi
Steganografi serupa namun menambah dimensi lain kriptografi. Dalam metode ini,orang - orang tidak hanya ingin untuk melindungi kerahasiaan informasi dengan menyembunyikan itu, tetapi mereka juga ingin memastikan bahwa setiap orang yang tidak sah mendapatkan tidak ada bukti bahwa informasi bahkan ada. Misalnya, invisible watermarking.
Dalam Steganografi, penerima yang tidak diinginkan atau penyusup adalah menyadari fakta bahwa mengamati data berisi informasi tersembunyi. Dalam kriptografi, penyusup biasanya menyadari bahwa data yang disampaikan, karena mereka dapat melihat kode/bergegas pesan.
Kriptografi, Teknik Merahasiakan Informasi




Setelah European Renaissancevarious Italian  dan negara-negara Kepausan memimpin proliferasi cepat teknik kriptografi. Berbagai teknik analisis dan serangan diteliti di era ini untuk memecahkan kode rahasia.
  • Ditingkatkan pengkodean teknik seperti Vigenere Coding datang ke keberadaan pada abad ke-15, yang ditawarkan huruf-huruf yang bergerak dalam pesan dengan sejumlah variabel tempat bukannya memindahkan mereka sama jumlah tempat.
  • Hanya setelah abad ke-19, kriptografi berkembang dari pendekatan ad hoc enkripsi untuk seni dan ilmu keamanan informasi lebih canggih.
  • Di awal abad 20, penemuan mesin mekanis dan elektromekanis, seperti mesin Enigma rotor, disediakan berarti lebih maju dan efisien pengkodean informasi.
  • Selama masa perang dunia II, kriptografi dan kriptoanalisis menjadi berlebihan matematika.
Dengan kemajuan yang berlangsung di bidang ini, organisasi pemerintah, unit militer, dan beberapa rumah perusahaan mulai mengadopsi aplikasi kriptografi. Mereka menggunakan kriptografi untuk menjaga rahasia mereka dari orang lain. Sekarang, kedatangan komputer dan Internet telah membawa efektif kriptografi dalam jangkauan orang biasa.

to be continued ....
Loading...
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments