Pengertian GPRS Manfaat serta Fitur Utama GPRS

Pengertian GPRS Manfaat serta Fitur Utama GPRS
General Radio Paket Umum (GPRS) merupakan Layanan Data Mobile yang dapat diakses oleh pengguna ponsel GSM dan IS-136. Layanan ini adalah paket beralih dan beberapa jumlah pengguna dapat membagi saluran transmisi yang sama untuk transmisi data. Postingan kali ini akan membantu Anda untuk memahami dasar-dasar GPRS dan harus menjadi titik awal Anda.

General Packet Radio Sistem ini juga dikenal sebagai GPRS adalah generasi ketiga langkah menuju akses internet. GPRS ini juga dikenal sebagai GSM-IP yang sistem komunikasi Global Mobile Internet protokol seperti itu membuat pengguna sistem ini secara online, memungkinkan untuk membuat panggilan suara, dan mengakses internet on-the-go. Bahkan pengguna Time-Division Multiple Access (TDMA) mendapatkan keuntungan dari sistem ini karena menyediakan akses radio paket.

*Time division multiple access (TDMA) diperkenalkan oleh Asosiasi Industri Telekomunikasi (Telecommunications Industry Association, TIA) yang terakreditasi oleh American National Standards Institute (ANSI), adalah teknologi transmisi digital yang mengalokasikan slot waktu yang unik untuk setiap pengguna pada masing-masing saluran, dan menjadi salah satu metode utama yang digunakan oleh jaringan digital telepon seluler untuk menghubungkan panggilan telepon

Pengertian GPRS Manfaat serta Fitur Utama GPRS

GPRS juga memungkinkan operator jaringan untuk melaksanakan Internet Protocol(IP) berbasis arsitektur inti terpadu aplikasi suara dan data yang akan terus digunakan dan diperluas untuk layanan 3G.

GPRS menggantikan sambungan kabel, karena sistem ini telah menyederhanakan akses paket jaringan data seperti internet. prinsip Packet radio dipakai oleh GPRS untuk paket data pengguna transportasi di jalan struktur antara Stasiun selular GSM dan jaringan data paket eksternal. Paket ini dapat langsung diteruskan ke jaringan packet switch dari GPRS mobile stations.

Versi terbaru GPRS, jaringan berbasis pada protokol Internet (IP) seperti global internet atau intranet pribadi dan perusahaan dan jaringan X.25 didukung.

*Alamat IP (Internet Protocol Address atau sering disingkat IP) adalah deretan angka biner antara 32 bit sampai 128 bit yang dipakai sebagai alamat identifikasi untuk tiap komputer host dalam jaringan Internet.

Apa Saja yang dimiliki GPRS ?

Spesifikasi GPRS ditulis oleh European Telecommunications Standard Institute (ETSI), mitra Eropa dari American National Standard Institute (ANSI).

*European Telecommunications Standards Institute (ETSI) merupakan Sebuah organisasi Eropa yang didirikan pada tahun 1988 dan bertanggung jawab untuk pembentukan standar telekomunikasi teknis. Ini menghasilkan Standar Telekomunikasi Eropa (ETS) untuk keanggotaannya, yang terdiri dari operator jaringan, produsen PTT, pengguna, dan lembaga penelitian. Beberapa fungsi yang digunakan untuk dilakukan oleh Komisi Eropa Pos dan Telegraph

Fitur Utama GPRS 

Ada tiga fitur utama berikut menggambarkan data paket wireless:
  • Fitur selalu online - menghilangkan proses dial-up, membuat aplikasi hanya satu klik jauhnya.
  • Sistem Upgrade yang tersedia - operator tidak harus mengganti peralatan mereka; Sebaliknya, GPRS akan ditambahkan di atas infrastruktur yang ada.
  • Bagian integral dari masa depan sistem 3G - GPRS adalah jaringan packet core data untuk sistem 3G EDGE dan WCDMA.

Tujuan dari GPRS

GPRS adalah langkah pertama menuju infrastruktur wireless end-to-end dan memiliki tujuan berikut:
  • Arsitektur terbuka
  • Konsisten IP services
  • Infrastruktur yang sama untuk interface berbeda
  • Telepon yang terpadu dan infrastruktur Internet
  • Integrated telephony and Internet infrastructure
  • Inovasi layanan infrastruktur independen 

Manfaat dari GPRS

Kecepatan Data yang tinggi

Manfaat GPRS bagi pengguna dalam banyak hal, salah satunya adalah data tingkat yang lebih tinggi pada gilirannya waktu akses yang lebih pendek. Dalam khas GSM mobile, setup sendiri merupakan sebuah proses yang panjang dan sama, harga untuk data izin akan ditahan untuk 9.6 kbit/s. Waktu pendirian sesi yang ditawarkan sementara GPRS dalam praktek lebih rendah daripada satu detik dan kecepatan data ISDN-line sampai 10 banyak kbit/s.

*ISDN (Integrated Services Digital Network) adalah suatu sistem telekomunikasi di mana layanan antara data, suara, dan gambar diintegrasikan ke dalam suatu jaringan, yang menyediakan konektivitas digital ujung ke ujung untuk menunjang suatu ruang lingkup pelayanan yang luas

Easy Billing

Transmisi paket GPRS menawarkan penagihan lebih user-friendly dari pada yang ditawarkan oleh sirkuit beralih layanan. Di sirkuit beralih layanan, penagihan didasarkan pada durasi koneksi. Hal ini tidak cocok untuk aplikasi dengan bursty lalu lintas. Pengguna harus membayar airtime seluruh, bahkan untuk siaga periode ketika tidak ada paket dikirim (misalnya, ketika pengguna membaca halaman Web).

Berbeda dengan ini, dengan layanan packet switch, penagihan dapat didasarkan pada jumlah data yang ditransmisikan. Keuntungan bagi pengguna adalah bahwa dia atau dia dapat "online" selama jangka panjang waktu tetapi ditagih berdasarkan volume data yang ditransmisikan.

Source Here
Loading...
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments