Django : Pola MVC dan MVT pada Framework Django

Django : Pola MVC dan MVT pada Framework Django

Seperti yang Anda sudah tahu sebelumnya, Django adalah Framework web Python. Dan seperti framework yang paling modern, Django mendukung pola MVC. Pertama mari kita lihat apa pola Model-View-Controller (MVC), dan kemudian kita akan melihat Django's kekhususan untuk pola Model-View-Template (MVT).

*Framework atau bahasa indonesianya kerangka kerja adalah sebuah software untuk memudahkan para programmer membuat aplikasi atau web yang isinya adalah berbagai fungsi, plugin, dan konsep sehingga membentuk suatu sistem tertentu. Dengan menggunakan framework, sebuah aplikasi akan tersusun dan terstruktur dengan rapi

Dengan Filosofinya “The web framework for perfectionists with deadlinesDjango memungkinkan developer membangun website secepat selama itu memungkinkan. Dengan konsep yang mudah dipahami tetapi powerfull, saya yakin dengan Django siapapun dapat membuat website berbasis Python.
Postingan Terkait : Mengenal Konsep Framework MVC 

Pola MVC

Ketika berbicara tentang aplikasi yang menyediakan User Interface /  UI  (web atau desktop), kita biasanya berbicara tentang arsitektur MVC. Dan seperti namanya, pola MVC didasarkan pada tiga komponen: Model, View dan Controller. Silahkan Periksa Postingan  MVC untuk mengetahui lebih lanjut.
Postingan Terkait : Konsep MVC (Model - View - Controller) Dalam Membangun Framework.

DJANGO MVC - Pola MVT

Model-View-Template (MVT) sedikit berbeda dari MVC. Sebenarnya perbedaan utama antara dua pola adalah bahwa Django itu sendiri membutuhkan perawatan dari bagian Controller (kode perangkat lunak yang mengontrol interaksi antara Model dan View), meninggalkan kami dengan template. Template adalah sebuah file HTML yang dicampur dengan Django Template Language  (DTL).

Diagram berikut menunjukkan bagaimana masing-masing komponen dari pola MVT berinteraksi dengan satu sama lain untuk melayani − permintaan pengguna
Django : Pola MVC dan MVT pada Framework Django

Developer menyediakan Model, View, dan template kemudian hanya memetakan ke URL dan Django melakukan magic untuk melayani kepada pengguna.

*URL adalah Uniform Resource Locator, yaitu cara penamaan alamat file di Internet. URL merupakan serangkaian karakter (dapat berupa huruf, angka, ataupun simbol) yang sesuai dengan format standar yang sudah ditentukan, URL digunakan untuk menunjukkan alamat/ address suatu sumber yang ada.

Berikut Beberapa web besar yang telah memakai framework Django.

Postingan Terkait :

Loading...
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments