HTTP : Mengenal lebih dalam Protocol HTTP


Hypertext Transfer Protocol (HTTP) adalah protokol level aplikasi sistem informasi didistribusikan, kolaboratif, hypermedia. Ini adalah dasar untuk komunikasi data untukWorld Wide Web (yaitu internet) sejak tahun 1990. HTTP adalah protokol generik  yang dapat digunakan untuk tujuan lain juga menggunakan ekstensi metode permintaan, kode kesalahan, dan header.
Postingan kali ini didasarkan pada RFC-2616 spesifikasi, yang mendefinisikan protokol dirujuk sebagai HTTP/1.1. HTTP/1.1 adalah revisi HTTP asli (HTTP/1.0). Perbedaan utamaantara HTTP/1.0 dan HTTP/1.1 adalah bahwa HTTP/1.0 menggunakan sambungan baru untuk setiap permintaan respon exchange, mana sebagai HTTP/1.1 koneksi dapat digunakan untuk satu atau lebih permintaan respon pertukaran.

Pada dasarnya, HTTP adalah protokol komunikasi TCP/IP, yang digunakan untuk menyampaikan data (HTML file, file gambar, hasil query, dll) di World Wide Web. Default port TCP 80, tetapi port lain dapat digunakan juga. Provider menyediakan sebuah cara standar untuk komputer untuk berkomunikasi satu sama lain. Spesifikasi HTTP menentukan bagaimana klien permintaan data akan dibangun dan dikirim ke server,dan bagaimana server menanggapi permintaan ini.

Ada tiga fitur dasar yang akan membuat HTTP protokol yang sederhana namun kuat:
  • HTTP is connectionless: HTTP client, yaitu browser memprakarsai permintaan HTTP dan setelah permintaan dibuat, klien terputus dari server dan menunggu respon. Server proses permintaan dan kembali menetapkan hubungan dengan klien untuk mengirimkan respon balik.
  • HTTP  is media independent: artinya, semua jenis data dapat dikirim oleh HTTP selama klien dan server tahu bagaimana menangani data content. Hal ini diperlukanuntuk klien serta server untuk menentukan jenis konten yang menggunakan jenis MIME yang sesuai.
  • HTTP is stateless: seperti yang disebutkan di atas, HTTP is connectionless dan itu adalah akibat langsung dari menjadi sebuah stateless protokol HTTP. Server dan klien yangmenyadari satu sama lain hanya selama permintaan saat ini. Setelah itu, mereka berdua Lupakan tentang satu sama lain. Karena ini sifat dari protokol, baik klien maupun browser dapat menyimpan informasi antara permintaan yang berbeda di seluruhhalaman web.
HTTP/1.0 menggunakan sambungan baru untuk setiap permintaan respon pertukaran, mana sebagai HTTP/1.1 koneksi dapat digunakan untuk satu atau lebih permintaan respon pertukaran.
Diagram berikut menunjukkan arsitektur yang sangat dasar aplikasi web dan menggambarkan mana HTTP Sits:

Protokol HTTP adalah permintaan respon protokol berdasarkan arsitektur berbasis klien/server mana web browser, robot dan mesin pencari, dll bertindak seperti HTTP klien, dan Web server bertindak sebagai server.

Client
HTTP client mengirimkan permintaan ke server dalam bentuk metode permintaan, URI, dan versi protokol, diikuti oleh pesan MIME-seperti yang berisi permintaan pengubah, informasi klien dan mungkin tubuh konten melalui koneksi TCP/IP.

HTTP server merespon dengan baris status, termasuk versi protokol pesan dan sukses atau kesalahan kode, diikuti oleh pesan MIME-seperti yang berisi informasi server, informasi meta entitas dan entitas-tubuh mungkin konten.

to be continued ....

More posts to come :

Loading...
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments