Apa Itu CSS dan Manfaat dari CSS

Cascading Style Sheets disebut sebagai CSS, adalah bahasa desain sederhana ditujukan untuk menyederhanakan proses pembuatan halaman web menjadi lebih rapi dan elegant.
Apa Itu CSS dan Manfaat dari CSS

CSS menangani bagian tampilan dan nuansa dari suatu halaman web. Menggunakan CSS, Anda dapat mengontrol warna teks, gaya font, jarak antara paragraf, bagaimana kolom ukuran dan meletakkan keluar, apa gambar latar belakang atau warna yang digunakan, tata letak desain, variasi dalam tampilan untuk perangkat yang berbeda dan layar ukuran serta berbagai efek lainnya.

CSS mudah untuk belajar dan memahami tetapi menyediakan kuat mengendalikanpresentasi dari dokumen HTML. Paling sering, CSS dikombinasikan dengan bahasa markup HTML atau XHTML.

*Extensible hypertext markup language. XHTML merupakan singkatan dari eXtensible HyperText Markup Language. XHTMLmerupakan bentuk reformulasi dari HTML menggunakan paradigma XML.
Postingan Terkait : Mengenal Pemograman Dasar HTML 


Keuntungan dari CSS

  • CSS menghemat waktu − Anda dapat menulis CSS sekali dan kemudian menggunakan kembali lembar yang sama dalam beberapa halaman HTML. Anda bisa mendefinisikan gaya untuk setiap elemen HTML dan menerapkannya ke halaman Web sebanyak yang Anda inginkan.
  • Load halaman lebih cepat − jika Anda menggunakan CSS, Anda tidak perlu menulis atribut tag HTML setiap waktu. Hanya menulis satu aturan CSS tag dan menerapkannya pada semua kemunculan dari tag tersebut. Jadi sedikit kode berarti lebih cepat download kali.
  • Easy maintenance− Perawatan mudah untuk membuat perubahan global, hanya mengubah gaya, dan semua elemen di semua halaman web akan diperbarui secara otomatis.
  • Superior styles to HTML − CSS memiliki array yang jauh lebih luas atribut dari HTML, sehingga Anda dapat memberikan pandangan yang jauh lebih baik ke halaman HTML Anda dibandingkan dengan atribut HTML.
  • Multiple Device Compatibility − Style Sheet memungkinkan konten yang akan dioptimalkan untuk lebih dari satu jenis perangkat. Dengan menggunakan HTML dokumen yang sama, versi yang berbeda dari sebuah website dapat disajikan untuk perangkat genggam seperti PDA dan ponsel atau untuk pencetakan.
*Pembantu digital pribadi (bahasa Inggris: Personal Digital Assistant; PDA) adalah sebuah alat elektronik yang berbasis komputer dan berbentuk kecil serta dapat dibawa ke mana-mana.
  • Global web standar − sekarang HTML atribut yang menjadi usang dan yang disarankan untuk menggunakan CSS. Jadi itu adalah ide yang baik untuk mulai menggunakan CSS di semua halaman HTML untuk membuat mereka kompatibel untuk masa depan browser.
  • Offline BrowsingCSS dapat menyimpan aplikasi web secara lokal dengan bantuan dari cache offline. Menggunakan ini, kita dapat melihat website offline. Cache juga memastikan loading lebih cepat dan lebih baik kinerja keseluruhan situs web.
*Memory cache sering pula disebut dengan RAM cache, adalah sebuah porsi memori yang dibuat dengan kecepatan tinggi static RAM (SRAM). Tipe cache ini lebih efektif karena hampir semua program dapat mengakses data atau perintah yang sama berulang kali
  • Platform yang mandiri − Script menawarkan kemerdekaan platform yang konsistendan dapat mendukung browser terbaru juga.

Yang menciptakan dan mempertahankan CSS?

CSS diundang oleh Håkon Wium Lie pada 10 Oktober 1994 dan dipelihara melalui sekelompok orang dalam W3C disebut kelompok kerja CSS. Kelompok kerja CSS menciptakan dokumen-dokumen yang disebut spesifikasi. Ketika spesifikasi yang telah dibahas dan secara resmi disahkan oleh anggota W3C, menjadi rekomendasi.

Spesifikasi tersebut disahkan disebut rekomendasi karena W3C tidak memiliki kontrol atas pelaksanaan bahasa sebenarnya. Perusahaan independen dan organisasi menciptakan perangkat lunak.

Note  − The World Wide Web Consortium, atau W3C adalah kelompok yang membuat rekomendasi tentang bagaimana Internet bekerja dan bagaimana seharusnya berkembang.

Versi CSS

Cascading Style Sheets, tingkat pertama (CSS1) adalah keluar dari W3C sebagai rekomendasi pada Desember 1996. Versi ini menjelaskan CSS bahasa serta model format visual yang sederhana untuk semua tag HTML.

CSS2 menjadi sebuah Rekomendasi W3C Mei 1998 dan didasarkan pada CSS1. Versi ini menambahkan dukungan untuk media khusus style sheet misalnya printer dan perangkat aural, download font, posisi elemen dan tabel.

CSS3 menjadi sebuah Rekomendasi W3C pada Juni 1999 dan didasarkan pada versi CSS.itu telah dibagi ke dalam dokumentasi disebut sebagai modul dan di sini setiap modul memiliki fitur baru ekstensi didefinisikan dalam CSS2.


Modul CSS3

CSS3 modul memiliki spesifikasi CSS tua serta ekstensi fitur.
  • Penyeleksi / Selectors
  • Model kotak / Box Model
  • Latar belakang dan perbatasan
  • Nilai-nilai gambar dan diganti konten
  • Efek teks
  • 2D/3D transformasi
  • Animasi
  • Beberapa kolom Layout
  • Antarmuka pengguna
Source Here

Postingan Terkait Apa Itu CSS dan Manfaat dari CSS:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

7 comments

Nah, sebagai seorang blogger harus tahu dasar dasar tentang HTML dan CSS ini

Balas

iya mas, itu adalah pengetahuan yg sangan perlu jika ingin menjadi top blog

Balas

CSS membuat tampilan menjadi bagus dan mantap

Balas

nah mantep infonya gan,
makasih gan nambah wawasan buat ane gan,
tampilan yg menggunakan css lebih cantik dan bagus :D

Balas

sip gan, thank sudah berkunjung

Balas

www.dukpakat.blogspot.com aktif lagi ya :D

Balas