Mengenal Database MySQL dan Kelebihan Dibanding RDBMS Lain

Apa yang dimaksud dengan Database?

Database adalah aplikasi terpisah yang menyimpan pengumpulan data. Setiap database memiliki satu atau lebih berbeda api untuk menciptakan, mengakses, mengelola, mencari dan replikasi data yang berlaku.

Jenis  strores data lain dapat digunakan, seperti file pada sistem file atau Tabel hash besar dalam memori tetapi mengambil data dan menulis tidak akan begitu cepat dan mudah dengan-jenis sistem.

Jadi sekarang, kita menggunakan sistem manajemen database relasional /Relational DataBase Management System (RDBMS) untuk menyimpan dan mengatur data dalam volume besar. Ini disebut database relasional karena semua data disimpan ke tabel yang berbeda dan hubungan yang didirikan menggunakan primary key atau kunci lain yang dikenal sebagai foreign keys.

Relational DataBase manajemen sistem (RDBMS) adalah sebuah perangkat lunak yang:
  • Memungkinkan Anda untuk menerapkan database dengan tabel, kolom dan indeks.
  • Menjamin integritas referensial antara baris tabel berbagai.
  • Pembaruan indeks secara otomatis.
  • Menafsirkan query SQL dan menggabungkan informasi dari berbagai tabel.

Istilah Pada RDBMS:

Sebelum kita melanjutkan untuk menjelaskan sistem database MySQL, mari kita merevisi beberapa definisi, terkait dengan database.
  • Database: Database adalah kumpulan tabel, dengan data yang terkait.
  • Tabel: Tabel adalah matriks dengan data. Tabel di database tampak seperti sederhana spreadsheet.
  • Column : Satu kolom (unsur data) berisi data jenis yang sama, misalnya kodepos kolom.
  • Row : Baris (= tupel, catatan atau catatan) adalah sekelompok data terkait, misalnya data dari satu langganan.
  • Redundancy: Menyimpan data dua kali, secara berlebihan untuk membuat sistem lebih cepat.
  • Primary Key: Primary key unik. Nilai kunci tidak dapat terjadi dua kali dalam satu table. Dengan kunci, Anda dapat menemukan satu bari paling akurat .
  • Foreign Key: Foreign key adalah pin yang menghubungkan antara dua tabel.
  • Compound Key: key gabungan (komposit kunci) adalah kunci yang terdiri dari beberapa kolom, karena satu kolom tidak cukup unik.
  • Indeks: Indeks di database menyerupai indeks bagian belakang buku.
  • Referensial integritas: Integritas referensial memastikan bahwa nilai kunci asing selalu menunjuk ke baris yang sudah ada.

MySQL Database:

MySQL adalah cepat, mudah-ke-menggunakan RDBMS digunakan untuk banyak usaha kecil dan besar. MySQL dikembangkan, dipasarkan, dan didukung oleh MySQL AB,yang merupakan perusahaan Swedia. MySQL menjadi sangat populer karena berbagai alasan yang baik:
  • MySQL dirilis di bawah lisensi open source. Jadi Anda memiliki tidak perlu membayar untuk menggunakannya.
  • MySQL adalah sebuah program yang sangat kuat dalam dirinya sendiri. Ini menangani sekumpulan besar fungsi paket database yang paling mahal dan kuat.
  • MySQL menggunakan bentuk standar bahasa data SQL yang terkenal.
  • MySQL bekerja pada banyak sistem operasi dan dengan banyak bahasa termasuk PHP, PERL, C, C++, JAVA, dll.
  • MySQL bekerja sangat cepat dan bekerja dengan baik bahkan dengan kumpulan data besar.
  • MySQL sangat ramah untuk PHP, bahasa yang paling dihargai untuk pengembangan web.
  • MySQL mendukung database besar, baris sampai 50 juta atau lebih dalam tabel. Batas ukuran file default untuk tabel adalah 4GB, tapi Anda dapat meningkatkan ini (jika sistem operasi Anda bisa mengatasinya) untuk batas teoritis 8 juta terabyte (TB).
  • MySQL disesuaikan. Lisensi GPL open source memungkinkan pemrogram untuk memodifikasi piranti lunak MySQL untuk menyesuaikan lingkungan tertentu mereka sendiri.
*GPL; dalam bahasa Indonesia diterjemahkan menjadi lisensi publik umum) merupakan suatu lisensi perangkat lunak bebas yang aslinya ditulis oleh Richard Stallman untuk proyek GNU

*Situs resmi MySQL www.mysql.com

Kelebihan Dan kekurangan MySQL dibanding RDBMS Lain

Hal paling mendasar yang menjadikan MySQL pilihan utama sebagai database yang digunakan adalah karena MySQL menggunakan Lisensi GPL dan multiplatform, sehingga lebih disukai para mahasiswa karena tidak membutuhkan biaya besar dalam membuat aplikasi serta tidak harus tergantung pada OS Windows ataupun Linux karena dapat dijalankan pada kedua OS tersebut dan beberapa OS lainnya. Tapi alasan tersebut tidaklah cukup untuk menjadikan MySQL sebagai RDBMS yang akan digunakan. Berikut keunggulan yang

Kelebihan

  1. Berlisensi GPL dan Multi Platform.
  2. Dapat diintegrasikan dengan beberapa bahasa Pemrograman seperti .Net, Java, Python, Perl yang merupakan bahasa pemrograman yang paling dominan di kalangan programmer.
  3. Mendukung ODBC untuk sistem operasi Windows sehingga bisa digunakan aplikasi yang berjalan diwindows.
  4. Bisa dijalankan pada spesifikasi hardware yang rendah karena lebih hemat resource memory (dibandingkan database lain) sehingga mudah digunakan untuk bahan pembelajaran.
  5. MySQL dapat mendeteksi pesan kesalahan pada klien dengan menggunakan lebih dari 20 bahasa meskipun bahasa indonesia belum termasuk didalamnya.

Kekurangan

  1. Banyak mengklaim kurang support terhadap pemrograman Visual/Desktop, sehingga sedikit yang menggunakan untuk aplikasi visual.
  2. Karena berlisensi GPL sehingga sulit mendapatkan update untuk problem yang urgent, sehingga perusahaan skala menengah keatas lebih memilih RDBMS berlisensi dan disupport seperti Oracle dan MS SQL Server
  3. Sangat diragukan dalam menangani data skala besar, karena ada beberapa opini yang pro dan kontra terhadap kemampuan MySQL terhadap pengolahan data yang besar.

Sebelum Anda mulai :

Sebelum Anda mulai tutorial MySQL, Anda harus memiliki pengetahuan dasar tentang informasi yang dibahas dalam tutorial kami PHP dan HTML.

Tenang saja, silahkan baca postingan terkait sehingga anda tidak merasa ketinggalan.
Postingan Terkait : Pengenalan dasar  PHP  dan Mengenal Bahasa Pemograman HTML

Tutorial ini sangat berfokus pada menggunakan MySQL dalam lingkungan PHP. Banyak contoh-contoh yang diberikan dalam tutorial ini akan sangat berguna untuk programmer PHP.

Kami menyarankan Anda memeriksa kami Pengertian PHP .

Source Here
Loading...
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments