Mengenal Fitur - Fitur IPV6

Mengenal Fitur - Fitur IPV6

Pada kesempatan kali ini admin akan membahas fitur - fitur yang terdapat pada IPV6 ini. jadi, jika ada yg belum mengetahui apa itu IPV6, tenang saja, tinggal lihat saja postingan terdahulu mengenai IPV6.
Postingan Terkait : IPV6, Apa itu IPv6 ?
Penerus dari IPv4 tidak dirancang untuk menjadi kompatibel. Mencoba untuk menjaga fungsi dasar dari IP yang menangani, IPv6 adalah ulang sepenuhnya. Ini menawarkan fitur berikut:

Lebih besar ruang alamat

  • Berbeda dengan IPv4, IPv6 menggunakan potongan-potongan 4 kali lebih untuk mengatasi perangkat di Internet. Ini banyak tambahan bit dapat memberikan sekitar3.4 × 1038 kombinasi yang berbeda dari alamat. Alamat ini dapat mengumpulkan kebutuhan agresif alamat penjatahan hampir segala sesuatu di dunia ini. Menurut perkiraan, 1564 alamat dapat dialokasikan untuk setiap meter persegi dari dunia ini.

Header disederhanakan / Simplified Header

  • IPv6 di header telah disederhanakan dengan memindahkan semua informasi yang tidak perlu dan opsi (yang hadir di IPv4 header) ke akhir IPv6 header. IPv6 header hanya dua kali lebih besar daripada IPv4 diberikan fakta bahwa alamat IPv6 empat kali lebih lama.

End-to-end konektivitas

  • Setiap sistem sekarang memiliki alamat IP yang unik dan dapat melintasi melalui Internet tanpa menggunakan NAT atau komponen lain penerjemahan. Setelah IPv6 diimplementasikan dengan sepenuhnya, setiap host langsung dapat mencapai host lain di Internet, dengan beberapa keterbatasan yang terlibat seperti Firewall, kebijakan organisasi, dll.
*NAT adalah Network Address Translation adalah suatu metode untuk menghubungkan lebih dari satu komputer ke jaringan internet dengan menggunakan satu alamat IP

Konfigurasi otomatis

  • IPv6 mendukung kedua stateful dan stateless auto mode konfigurasi perangkat host yang. Dengan cara ini, tidak adanya sebuah server DHCP tidak menempatkan berhenti di inter segmen komunikasi.
Postingan Terkait : Apa Itu DHCP Server ?

Forwarding/Routing yang lebih cepat

  • Header sederhana menempatkan semua informasi yang tidak perlu pada akhir header. Informasi yang terkandung dalam bagian pertama dari header memadai untuk sebuah Router untuk mengambil keputusan routing, sehingga routing keputusan secepat memandang header wajib.
* routing adalah sebuah proses untuk meneruskan paket-paket jaringan dari satu jaringan ke jaringan lainnya melalui sebuah antar-jaringan (internetwork)

IPSec

  • Awalnya diputuskan bahwa IPv6 harus memiliki keamanan IPSec, sehingga lebih aman daripada IPv4. Fitur ini sekarang telah dibuat opsional.

Tidak ada siaran / No Broadcast

  •  Meskipun Ethernet Token Ring dianggap sebagai jaringan siaran karena mereka mendukung penyiaran, IPv6 tidak memiliki dukungan siaran lagi. Menggunakan multicast untuk berkomunikasi dengan banyak host.
Nama host atau Hostname adalah nama komputer. Pemberian nama ini spesifik, untuk satu komputer tertentu saja dalam suatu jaringan

Dukungan anycast

  • Ini adalah salah satu karakteristik dari IPv6. IPv6 telah memperkenalkan Anycast modus paket routing. Dalam mode ini, beberapa interface melalui Internet ditugaskan alamat Anycast IP sama. Router, sementara routing, mengirimkan paket ke tujuan terdekat.
router adalah sebuah alat yang mengirimkan paket data melalui sebuah jaringan atau Internet menuju tujuannya, melalui sebuah proses yang dikenal sebagai penghalaan

Mobilitas

  • IPv6 dirancang mengingat mobilitas. Fitur ini memungkinkan host (seperti ponsel) untuk berkeliaran di wilayah geografis yang berbeda dan tetap terhubung dengan alamat IP yang sama. Mobilitas fitur IPv6 mengambil keuntungan dari konfigurasi IP otomatis dan ekstensi header.

Dukungan prioritas ditingkatkan

  • IPv4 digunakan bit 6 DSCP (diferensial Layanan kode Point) dan 2 bit ECN (kemacetan eksplisit pemberitahuan) untuk memberikan kualitas layanan tapi itu hanya dapat digunakan jika perangkat end-to-end dukungan itu, yaitu sumber dan tujuan perangkat dan jaringan yang mendasari harus mendukungnya.
  • Di IPv6, lalu lintas kelas dan aliran label digunakan untuk memberitahu router mendasari cara efisien proses paket dan rute itu.

Kelancaran transisi

  • Besar skema alamat IP di IPv6 memungkinkan untuk mengalokasikan perangkat dengan alamat IP yang secara global unik. Mekanisme ini menyimpan alamat IP dan NAT tidak diperlukan. Jadi perangkat dapat mengirim/menerima data di antara satu sama lain, misalnya, VoIP dan/atau streaming media dapat digunakan lebih efisien.
  • Fakta lain adalah, header adalah kurang dimuat, sehingga router dapat mengambilkeputusan penerusan dan meneruskannya secepat mereka tiba.
Voice over Internet Protocol (juga disebut VoIP, IP Telephony, Internet telephony atau Digital Phone) adalah teknologi yang memungkinkan percakapan suara jarak jauh melalui media internet

Extensibility / Diperpanjang

  • Salah satu keuntungan utama dari IPv6 header adalah bahwa itu extensible untuk menambahkan informasi lebih lanjut di bagian pilihan. IPv4 menyediakan 40-byte hanya untuk pilihan, sedangkan pilihan di IPv6 dapat sebanyak seperti ukuran paket IPv6 itu sendiri

Source Here
Loading...
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments