Arsitektur dan Komponen Web Service - Bagian 3

Arsitektur dan Komponen Web Service - Bagian 3

Ada dua cara untuk melihat arsitektur Web Service:
  • Yang pertama adalah untuk memeriksa peran individu setiap aktor web service.
  • Yang kedua adalah untuk memeriksa stack protokol web service muncul.
Untuk lebih jelas Mengenai Web Service Lebih baik baca postingan sebelunya.
Postingan Terkait : Web Service, Layanan web Komunikasi Berbagai Aplikasi

Apa Peran dari Web Service

Ada tiga besar peran dalam arsitektur web Service:

1. Penyedia layanan / Service Provider

Web service adalah penyedia layanan web. Penyedia layanan mengimplementasikan layanan dan membuatnya tersedia di Internet.

2. Layanan Pemohon / Service Requetor

Ini adalah konsumen dari web Service. Passive memanfaatkan web service yang ada dengan membuka koneksi jaringan dan mengirim permintaan XML.

3. Layanan registri / Service Registry

Ini adalah direktori secara logika servise terpusat. Registri menyediakan tempat sentral yang mana pengembang dapat mempublikasikan layanan baru atau yang sudah ada yang menemukan. Oleh karena itu berfungsi sebagai kliring terpusat untuk perusahaan dan jasa mereka.


Web Service Protokol Stack

Opsi kedua untuk melihat arsitektur web service adalah untuk memeriksa stack protokol web service yang muncul. Tumpukan masih berkembang, tetapi saat ini memiliki empat lapisan utama.

1. Layanan transportasi / Service Transport

Lapisan ini bertanggung jawab untuk mengangkut pesan antara aplikasi. Saat ini, lapisan ini termasuk Hyper Text Transport Protocol (HTTP) Simple Mail Transfer Protocol (SMTP), File Transfer Protocol (FTP), dan baru protokol seperti Blocks Extensible Exchange Protocol (BEEP).

*Simple Mail Transfer Protocol (SMTP) adalah suatu protokol yang digunakan untuk mengirimkan pesan e-mail antar server, yang bisa dianalogikan sebagai kantor pos. Ketika kita mengirim sebuah e-mail, komputer kita akan mengarahkan e-mail tersebut ke sebuah SMTP server, untuk diteruskan ke mail-server tujuan

*File Transfer Protocol (FTP) adalah suatu protokol yang berfungsi untuk tukar-menukar file dalam suatu network yang menggunakan TCP koneksi bukan UDP. Dua hal yang penting dalam FTP adalah FTP Server dan FTP Client.

2. Pesan XML / XML Messaging

Lapisan ini bertanggung jawab untuk pengkodean pesan dalam format XML umum sehingga pesan dapat dipahami di kedua ujung. Saat ini, lapisan ini termasuk XML-RPC dan SOAP.

*XML (Extensible Markup Language) adalah bahasa markup untuk keperluan umum yang disarankan oleh W3C untuk membuat dokumen markup keperluan pertukaran data antar sistem yang beraneka ragam. XML merupakan kelanjutan dari HTML (HyperText Markup Language) yang merupakan bahasa standar untuk melacak Internet.

3. Deskripsi Layanan / Service Description 

Lapisan ini bertanggung jawab untuk menggambarkan antarmuka publik untuk web service tertentu. Saat ini, Deskripsi Layanan ditangani melalui Web Service Description Language (WSDL).

*WSDL (Web Services Description Language) adalah fromat XML yang diterbitkan untuk menerangkan web service. WSDL mendefinisikan: pesan-pesan (baik yang abstrak dan kongkrit) yang dikirim ke dan menuju web service. koleksi-koleksi digital dari pesan-pesan (port type, antarmuka).

4. Pencarian Layanan / Service Discovery

Lapisan ini bertanggung jawab untuk pemusatan layanan ke registry Umum dan menyediakan fungsionalitas mudah mempublikasikan/menemukan. Saat ini, pencarian layanan ditangani melalui Universal Description, Discovery, and Integration (UDDI).

Seperti web service berkembang, lapisan tambahan dapat ditambahkan dan teknologi tambahan dapat ditambahkan ke setiap lapisan.

Postingan Terkait : Manfaat dan Karakteristik penggunaan Web Service

Beberapa kata tentang Service Transport

Bagian bawah stack protokol web service adalah layanan transportasi. Lapisan ini bertanggung jawab untuk benar-benar pengangkutan XML pesan antara dua komputer.

Hyper Text Transfer Protocol (HTTP)
Saat ini, HTTP adalah pilihan paling populer untuk layanan transportasi. HTTP sederhana, stabil, dan banyak digunakan. Selain itu, kebanyakan firewall memungkinkan lalu lintas HTTP. Hal ini memungkinkan XML-RPC atau SOAP pesan untuk menyamar sebagai protokol http. Ini baik jika Anda ingin mengintegrasikan aplikasi remote,tetapi hal ini menimbulkan sejumlah masalah keamanan.

Blocks Extensible Exchange Protocol (BEEP)
Ini adalah alternatif yang menjanjikan untuk HTTP. BEEP adalah sebuah kerangka kerja baru Internet Engineering Task Force (IETF) untuk membangun protokol baru. BIP berlapis langsung pada TCP dan mencakup sejumlah fitur built-in, termasuk protokol awal jabat tangan, otentikasi, keamanan, dan penanganan kesalahan. Menggunakan BIP, seseorang dapat membuat protokol-protokol baru untuk berbagai aplikasi, termasuk pesan instan, file transfer, sindikasi konten, dan manajemen jaringan.

SOAP tidak terikat pada berbagai protokol transpor spesifik. Bahkan, Anda dapat menggunakan SOAP melalui HTTP, SMTP, FTP, atau. Satu ide yang menjanjikan adalah untuk menggunakan SOAP  atas BIP.
Loading...
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments