Security Testing, Jenis - Jenis Malware dan Cara pencegahannya

Security Testing, Jenis - Jenis Malware dan Cara pencegahannya

Pada Kesempatan kali ini kita mengenal Jenis - Jenis Malware dan Cara Pencegahannya. Jika ada yang belum paham mengenai Security Testing, anda dapat membaca postingan sebelumnya. 
Postingan Terkait : Security Testing, Cara Pengujian Sistem
Perangkat lunak berbahaya (malware) adalah perangkat lunak yang memberi sebagian penuh kontrol sistem kepada pencipta penyerang malware.
Pengertian Malware adalah setiap program atau file yang berbahaya (malicious software”) bagi pengguna komputer. Dengan demikian, malware termasuk virus komputeres, worm, Trojan horse , dan juga spyware termasuk malware. Virus, Spyware, Worm, Trojan dan Malware adalah istilah yang seringkali kita dengar.

Berbagai bentuk Malware yang tercantum di bawah ini:
  • Virus - Virus, Memasukkan salinan dirinya ke dalam program komputer lainnya ke dalam data file atau sektor boot dari hard drive. Setelah replikasi berhasil, virus menyebabkan kegiatan berbahaya pada host sehingga terinfeksi seperti mencuri space harddisk atau CPU time.
  • Worms - Worm adalah sebuah program komputer salah satu malware. Program ini berbahaya yang dapat menyalinan sendiri berulang-ulang, pada drive lokal, jaringan, email, atau Internet. 
  • Trojan - Trojan, non-self-replikasi jenis malware yang berisi berbahaya kode yang berdasarkan eksekusi mengakibatkan kehilangan atau pencurian data atau membahayakan sistem. Trojan horse atau Kuda Troya atau yang lebih dikenal sebagai Trojan dalam keamanan komputer merujuk kepada sebuah bentuk perangkat lunak yang mencurigakan (malicious software/malware) yang dapat merusak sebuah sistem atau jaringan.
  • Adware - Adware juga dikenal sebagai freeware atau pitchware adalah perangkat lunak komputer gratis yang berisi iklan komersial yang meliputi permainan, desktop toolbar dan utilitas. Ini adalah aplikasi berbasis Web dan mengumpulkan data peramban Web untuk menargetkan iklan terutama pop-up.
  • Spyware - Spyware adalah infiltrasi software yang anonim monitor pengguna yang memungkinkan hacker untuk mendapatkan informasi sensitif dari komputer pengguna. Spyware mengeksploitasi pengguna dan kerentanan aplikasi yang cukup sering melekat download perangkat lunak online gratis atau untuk link yang diklik oleh pengguna.
  • Root kit - Rootkit adalah perangkat lunak / software yang digunakan oleh hacker untuk mendapatkan tingkat admin akses ke komputer/jaringan yang dipasang melalui password yang dicuri atau mengeksploitasi kerentanan sistem tanpa sepengetahuan korban.

Berikut Tindakan Mencegah:

  • Pastikan bahwa sistem operasi dan setiap program yang Anda gunakan adalah uptudate dengan patch update.
  • Jangan pernah membuka e-mail yang aneh, terutama orang-orang dengan lampiran yang mungkin salah satu malware seperti disebutkan di atas.
  • Ketika download dari internet, selalu periksa apa yang Anda intall. Jangan hanya klik OK untuk mengabaikan jendela pop-up. Silahkan cek dengan teliti pembuat atau publisher sebelum Anda menginstalnya.
  • Instal software anti-virus; dan juga memastikan Anda memindai dan perbarui secara rutin. Dalam kebanyakan kasus program anti-virus menghilangkan dan mencegah virus, worm, trojan dan spyware beberapa.

Anti Malware Softwares

Loading...
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments