Pengenalan dasar XHTML serta Alasan menggunakan XHTML


XHTML adalah sebuah kombinasi dari HTML dan XML (Extensible Markup Language) & merupakan bentuk sempurna (dalam arti, lebih ketat dan bersih dibandingkan HTML). Tujuan XHTML adalah menggantikan HTML.

XHTML merupakan langkah berikutnya dalam evolusi internet. XHTML versi 1.0 adalah jenis dokumen yang pertama dalam keluarga XHTML.

XHTML hampir identik dengan HTML 4.01 dengan hanya beberapa perbedaan. Ini merupakan versi HTML 4.01 bersih dan ketat. Jika Anda sudah tahu HTML, maka Anda perlu untuk memberikan sedikit perhatian untuk belajar versi HTML terbaru ini.

Mengapa harus menggunakan XHTML?

Pengembang atau developer yang memigrasi konten mereka ke XHTML 1.0 mendapatkan manfaat sebagai berikut berikut
  • Dokumen XHTML  mudah dilihat, diedit dan divalidasi dengant tool - tool standar XML.
  • Dokumen XHTML dapat ditulis untuk beroperasi lebih baik daripada yang mereka lakukan sebelumnya di browser yang ada serta di browser baru.
  • Dokumen XHTML dapat menggunakan aplikasi seperti script dan applet yang bergantung pada  dokumen HTML Object Model atau XML Object Model.
  • XHTML memberi Anda sebuah format yang lebih konsisten, dengan baik, terstruktur sehingga web dapat diurai dengan mudah dan diproses oleh browser web sekarang dan masa depan.
  • Anda dapat dengan mudah maintain, mengedit, mengubah dan memformat dokumen Anda dalam jangka panjang.
  • Karena standar XHTML resmi W3C, website Anda menjadi lebih kompatibel dengan banyak browser dan lebih akurat.
  • XHTML menggabungkan kekuatan dari HTML dan XML. Juga, halaman XHTML dapat diberikan oleh semua browser XML diaktifkan.
  • XHTML mendefinisikan kualitas standar untuk halaman web Anda dan jika Anda mengikuti, maka halaman web Anda dihitung sebagai halaman web berkualitas. W3C mengesahkan halaman tersebut dengan Cap kualitas mereka.
Web Developer dan web browser desainer yang terus-menerus menemukan cara-cara baru untuk mengekspresikan ide-ide mereka melalui bahasa markup yang baru. Dalam XML, itu relatif mudah untuk memperkenalkan elemen baru atau tambahan elemen atribut. Keluarga XHTML dirancang untuk mengakomodasi ekstensi ini melalui modul XHTML dan teknik untuk mengembangkan modul baru yang sesuai dengan XHTML. Modul ini mengizinkan perpaduan fitur-fitur yang ada dan baru pada saat mengembangkan konten dan merancang agen pengguna baru.

Beberapa alasan mengapa menggunakan XHTML:

  • XHTML menyempurnakan kekurangan-kekurangan pada HTML.
  • XHTML dapat dijalankan pada berbagai platform, sehingga memungkinkan situs kita dibuka dengan baik melalui PDA dan ponsel.

Pemahaman dasar XHTML

Sebelum kita melangkah lebih jauh, marilah kita memiliki pandangan yang cepat pada apa HTML, XML, dan SGML.

1. Apa yang dimaksud dengan HTML ?

Hyper Text Markup Language (HTML) adalah sebuah bahasa markah yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web, menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah penjelajah web Internet dan pemformatan hiperteks sederhana yang ditulis dalam berkas format ASCII agar dapat menghasilkan tampilan wujud yang terintegerasi. Ini adalah aplikasi Standar Generalized Markup Language (SGML) sesuai dengan standar internasional ISO 8879. HTML secara luas dianggap sebagai bahasa penerbita nstandar World Wide Web.
Postingan Terkait : Mengenal Bahasa Pemograman HTML

2. Apa itu SGML?

Ini adalah bahasa untuk menggambarkan bahasa markup, terutama mereka yang digunakan dalam dokumen elektronik Asing, manajemen dokumen, dan penerbitan dokumen. HTML adalah contoh bahasa didefinisikan dalam SGML.

3. Apa yang dimaksud dengan XML?

XML (Extensible Markup Language) adalah bahasa markup untuk keperluan umum yang disarankan oleh W3C untuk membuat dokumen markup keperluan pertukaran data antar sistem yang beraneka ragam. XML merupakan kelanjutan dari HTML (HyperText Markup Language) yang merupakan bahasa standar untuk melacak Internet. XML adalah EXtensible Markup Language. XML adalah bahasa markup yang banyak seperti HTML dan itu dirancang untuk menggambarkan data. Tag XML tidak ditentukan sebelumnya. Anda harus mendefinisikan tag Anda sendiri sesuai dengan kebutuhan Anda.

4. Apa itu W3C

World Wide Web Consortium biasa disingkat (W3C) adalah suatu konsorsium yang bekerja untuk mengembangkan standar-standar untuk Waring Wera Wanua. Spesifikasi teknologi-teknologi utama yang dipakai sebagai basis utama web, seperti URL (Uniform Resource Locator), HTTP (Hypertext Transfer Protocol), dan HTML (HyperText Markup Language) dikembangkan dan diatur oleh badan ini.
Loading...
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments