Mengenal Komputasi Cloud (Cloud Computing)



Komputasi cloud adalah pengiriman berdasarkan permintaan untuk daya komputasi, database, penyimpanan, aplikasi, dan sumber daya IT lain melalui platform layanan cloud via internet dengan harga sesuai penggunaan. 

Baik Anda menjalankan aplikasi yang membagikan foto dengan jutaan pengguna ponsel atau menjalankan operasi penting bagi bisnis Anda, platform layanan cloud menyediakan akses cepat ke sumber daya IT yang fleksibel dan berbiaya rendah. Dengan komputasi cloud, Anda tidak perlu melakukan investasi awal yang besar untuk perangkat keras dan menghabiskan banyak waktu untuk mengelola perangkat keras tersebut. Dengan begitu, Anda dapat menyediakan jenis dan ukuran sumber daya komputasi tepat yang

Anda butuhkan untuk mendukung ide cemerlang terbaru Anda atau mengoperasikan departemen IT Anda. Anda dapat mengakses sumber daya sebanyak yang Anda butuhkan, saat itu juga, dan hanya membayar atas apa yang Anda gunakan.

Bagaimana Cara Kerja Komputasi Cloud?

Komputasi cloud menyediakan akses ke server, penyimpanan, database, dan serangkaian layanan aplikasi yang luas melalui Internet. Platform layanan cloud seperti Amazon Web Services memiliki dan memelihara perangkat keras yang terhubung dengan jaringan yang dibutuhkan untuk layanan aplikasi ini, sementara Anda menyediakan dan menggunakan apa yang Anda butuhkan melalui aplikasi web. 

Keunggulan Cloud Computing

Ketangkasan

Cloud memungkinkan Anda berinovasi lebih cepat karena Anda dapat memfokuskan sumber daya IT berharga Anda pada pengembangan aplikasi yang membedakan bisnis Anda dan mengubah pengalaman pelanggan daripada mengelola infrastruktur dan pusat data. Dengan cloud, Anda dapat menyediakan sumber daya yang dibutuhkan dengan cepat, yang menerapkan ratusan bahkan ribuan server dalam hitungan menit. Cloud juga memudahkan dan mempercepat akses ke berbagai teknologi seperti komputasi, penyimpanan, database, analisis, machine learning, dan banyak layanan lainnya berdasarkan kebutuhan. Sehingga Anda dapat dengan cepat mengembangkan dan meluncurkan aplikasi baru, serta tim Anda dapat bereksperimen dan berinovasi lebih cepat dan sering. Jika percobaan gagal, Anda selalu dapat mencabut penyediaan sumber daya tanpa risiko.

Menerapkan secara global dalam hitungan menit

Dengan cloud, Anda dapat menerapkan aplikasi Anda di beberapa lokasi fisik di seluruh dunia hanya dengan beberapa klik. Ini berarti Anda dapat memberikan latensi yang lebih rendah dan pengalaman yang lebih baik bagi pelanggan Anda dengan mudah dan dengan biaya minimal.

Elastisitas

Sebelum komputasi cloud, Anda harus banyak menyediakan infrastruktur untuk memastikan Anda memiliki kapasitas cukup untuk menangani bisnis operasi Anda di tingkat puncak aktivitas. Sekarang, Anda dapat menyediakan jumlah sumber daya yang benar-benar Anda butuhkan, mengetahui bahwa Anda dapat secara instan menaikkan atau menurunkan skala dengan kebutuhan bisnis Anda. Ini mengurangi biaya dan meningkatkan kemampuan Anda untuk memenuhi permintaan pengguna Anda.

Hemat biaya

Cloud memungkinkan Anda ke menukar modal usaha (pusat data, server fisik, dll.) dengan biaya variabel dan hanya membayar untuk IT sesuai pemakaian. Selain itu, biaya variabel jauh lebih rendah dibandingkan apa yang dapat Anda lakukan sendiri karena skala ekonomis yang lebih besar.



Loading...
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments