Mengenal Istilah pada Mobile Telepon


Di antara berbagai istilah yang digunakan di telepon, yang paling sering digunakanakana akan kita bahas di bawah ini.

1. Mobile Station (MS) 

Mobile Station (MS) mengkomunikasikan informasi dengan pengguna dan memodifikasi protokol transmisi antarmuka udara untuk berkomunikasi dengan BSS. Informasi pengguna yang berkomunikasi dengan MS melalui mikrofon dan speaker untuk pidato, keyboard dan layar untuk pesan pendek dan koneksikabel data terminal lain. Stasiun mobile memiliki dua elemen Mobile Equipment (ME) dan Subscriber Identity Module (SIM).

*BSS adalah Base Station Subsystem (BSS) adalah bagian jaringan telepon seluler yang bertanggungjawab menangani lalu-lintas (traffic) dan pensinyalan antara telepon bergerak dengan network switching subsystem (NSS).

2. Mobile Equipment (ME)

Mobile Equipment (ME) adalah bagian dari hardware dimana pelanggan membeli dari produsen peralatan. Bagian perangkat keras berisi semua komponen yang diperlukan untuk implementasi protokol untuk antarmuka pengguna dan air-interface ke base stasion.

3. Subscriber Identity Module (SIM)

Merupakan smart card yang dikeluarkan bagi berlangganan untuk mengidentifikasi spesifikasi dari pengguna seperti alamat dan jenis layanan. Panggilan di GSM diarahkan ke SIM pada terminal.

*GSM adalah standar telepon 2G yang mendominasi digital mobile untuk sebagian besar dunia. Menentukan cara di mana ponsel berkomunikasi dengan jaringan berbasis menara

SMS juga disimpan dalam kartu SIM. Itu membawa setiap pengguna informasi pribadi yang memungkinkan beberapa aplikasi yang berguna.

4. Base Station (BS) 

Base station mengirimkan dan menerima data pengguna. Ketika mobile hanya bertanggung jawab untuk transmisi data user-nya dan reseption, dengan pangkalan ini mampu menangani panggilan beberapa pelanggan secara bersamaan.

5. Base Transceiver Station (BTS) 

Transmisi data pengguna berlangsung antara ponsel dan Base Stasiun (BS) melalui stasiun base transceiver. Transceiver adalah sirkuit yang mengirimkan dan menerima, serta, melakukan keduanya.

6. Mobile Switching Center (MSC)

MSC adalah bagian hardware switch wireless yang dapat berkomunikasi dengan PSTN switch menggunakan protokol Signaling System 7 (SS7) serta MSCs lain di daerah cakupan penyedia layanan. MSC juga menyediakan untuk komunikasi dengan jaringan kabel dan nirkabel lainnya serta dukungan untuk pendaftaran dan pemeliharaan hubungan dengan Stasiun mobile.

*Jaringan telepon tetap (bahasa Inggris: public switched telephone network, disingkat PSTN) adalah jaringan telpon tetap dengan kabel.

Gambar berikut mengilustrasikan bagian sub-sistem yang berbeda. HLR, VLR, EIR dan AuC adalah sub-sistem dari sistem sub jaringan.

7. Channel

Channel adalah rentang frekuensi yang dialokasikan untuk layanan tertentu atau sistem.

8. Control Channel

Radio Channel digunakan untuk transmisi call setup, permintaan panggilan, panggilan inisiasi dan keperluan lainnya beacon atau kontrol.

9. Forward Control Channel(FCC)

FCC digunakan untuk transmisi informasi dari base stasiun untuk mobile

10. Reverse Channel(RC)

Radio channel yang digunakan untuk transmisi informasi dari ponsel base stasiun.

11. Voice Channel(VC)

Radio channel yang digunakan untuk transmisi data atau suara.

12. Handoff 

Didefinisikan sebagai pengalihan panggilan dari saluran atau base stasiun ke base stasiun yang lain.

13. Transceiver

Sebuah perangkat yang mampu secara bersamaan transmisi dan menerima radio sinyal.

Postingan Terkait 

Loading...
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

1 comment