WEB, Pemahaman Dasar Sebelum Belajar WEB

WEB, Pemahaman Dasar Sebelum Belajar WEB

Sebelum masuk ke dunia website, sangat disarankan terlebih dahulu mengenal beberapa pemahaman yang sangat erat hubungannya dengan web. Langsung saja postigan kali ini akan membahas Pemahasaman Dasar Sebelum Belajar WEB.

WEB, Pemahaman Dasar Sebelum Belajar WEB

Internet adalah pada dasarnya jaringan global sumber daya komputasi. Anda dapat memikirkan Internet sebagai koleksi fisik router dan sirkuit sebagai seperangkat sumber daya bersama.
Beberapa definisi umum yang diberikan di masa lalu mencakup −
  • Sebuah jaringan jaringan berdasarkan protokol komunikasi TCP/IP.
  • Sebuah komunitas orang-orang yang menggunakan dan mengembangkan jaringan tersebut.
  • Sebuah komunitas orang-orang yang menggunakan dan mengembangkan jaringan tersebut.


Beberapa layanan dasar yang tersedia untuk pengguna Internet adalah −
  • Email − cepat, mudah, dan murah cara untuk berkomunikasi dengan pengguna Internet lainnya di seluruh dunia.
  • Telnet − memungkinkan pengguna untuk login ke komputer remote seolah-olah sistem lokal.
  • FTP − memungkinkan pengguna untuk mentransfer hampir setiap jenis file yang dapat disimpan di komputer dari komputer terhubung ke Internet lain.
  • UseNet news − Sebuah didistribusikan papan pengumuman yang menawarkan kombinasi layanan berita dan diskusi dengan ribuan topik.
  • World Wide Web (WWW) − Sebuah hypertext antarmuka untuk sumber informasi Internet.


WEB, Pemahaman Dasar Sebelum Belajar WEB



WWW singkatan dari World Wide Web. Definisi teknis World Wide Web adalah − semua sumber daya dan pengguna di Internet yang menggunakan Hypertext Transfer Protocol (HTTP).
Definisi yang lebih luas yang berasal dari organisasi penemu Web bahwa Tim Berners-Lee membantu menemukan, World Wide Web Consortium (W3C): The World Wide Web adalah alam semesta diakses jaringan informasi, perwujudan pengetahuan umat manusia.
Dalam istilah sederhana, The World Wide Web adalah cara pertukaran informasi antara komputer di Internet, mengikat mereka bersama-sama ke dalam koleksi sumber daya multimedia yang interaktif.

HTTP adalah singkatan dari Hypertext Transfer Protocol. Ini adalah protokol yang digunakan untuk mentransfer hypertext dokumen yang memungkinkan World WideWeb.
Alamat web standar seperti Yahoo.com disebut URL dan di sini http awalan menunjukkan protokol.
untuk pembahsan lebih lanjut dapat lihat pada pembahasan HTTP pada postingan yang lalu.

URL singkatan Uniform Resource Locator, dan digunakan untuk menentukan alamat pada World Wide Web. URL adalah identifikasi mendasar jaringan untuk sumber daya yang terhubung ke web (misalnya, halaman hypertext, Gambar, dan berkas suara).
URL akan memiliki − format berikut
Protocol://hostname/other_information
Protokol yang menentukan bagaimana informasi yang ditransfer dari link. Protokolyang digunakan untuk sumber daya web adalah Hyper Text Transfer Protocol (HTTP). Protokol lain yang kompatibel dengan sebagian besar browser web termasuk FTP, telnet, newsgroup, dan Gopher.
Protokol diikuti oleh usus besar, dua garis miring, dan kemudian nama domain. Nama domain adalah komputer di mana sumber daya yang terletak.
Link ke file tertentu atau subdirektori mungkin lebih lanjut ditentukan setelah namadomain. Nama direktori dipisahkan oleh satu garis miring maju.

WEB, Pemahaman Dasar Sebelum Belajar WEB

Website adalah tempat di web di mana orang dapat menemukan tutorial pada teknologi terbaru. Demikian pula, ada jutaan situs yang tersedia di web.
Setiap halaman yang tersedia di situs ini disebut halaman web dan halaman pertama dari setiap situs web disebut rumah halaman situs tersebut.

Setiap Website yang terletak di komputer yang dikenal sebagai Web server. Server ini selalu terhubung ke internet. Setiap Web server yang terhubung ke Internet diberikan sebuah alamat unik  (IP) yang terdiri dari serangkaian empat angka antara 0 dan 256 dipisahkan dengan tanda titik. Sebagai contoh, 68.178.157.132 atau 68.122.35.127.
Bila Anda mendaftar alamat Web, juga dikenal sebagai nama domain, seperti kapalomen.com Anda harus menentukan alamat IP dari server Web yang akan menjadi tuan rumah situs.
Kita akan melihat berbagai jenis Web server di bab terpisah.

WEB, Pemahaman Dasar Sebelum Belajar WEB

Browser web adalah perangkat lunak yang diinstal pada PC Anda. Untuk mengakses Web Anda memerlukan web browser seperti Netscape Navigator, Microsoft InternetExplorer atau Mozilla Firefox.
Saat ini, Anda harus menggunakan segala macam Web browser saat Anda menavigasi melalui situs saya kapalomen.com. Di Web, ketika Anda menavigasi melalui halaman informasi ini umumnya dikenal sebagai browsing atau berselancar.

SMTP singkatan sederhana Mail Transfer Protocol Server. Server ini menangani memberikan email dari satu server ke server lain. Ketika Anda mengirim email ke alamat email, itu dikirim ke penerima oleh SMTP Server.

ISP singkatan dari penyedia layanan Internet. Mereka adalah perusahaan yang menyediakan Anda pelayanan dalam hal koneksi internet untuk terhubung ke internet.
Anda akan membeli ruang Web server dari penyedia layanan Internet. Ruang ini akan digunakan untuk host situs web Anda.

HTML adalah singkatan dari Hyper Text Markup Language. Ini adalah bahasa di mana kita menulis halaman web untuk setiap situs. Bahkan halaman Anda membaca sekarang ditulis dalam HTML. 
Ini adalah subset dari standar Generalized Mark-Up Language (SGML) untuk penerbitan elektronik, standar tertentu yang digunakan untuk World Wide Web. 
Untuk pembahsan lebih lanjut dapat lihat pada pembahasan HTML pada postingan yang lalu.

Hyperlink atau hanya link merupakan elemen dipilih dalam dokumen elektronik yang berfungsi sebagai jalur akses ke sumber daya lain elektronik. Biasanya, Anda mengklik hyperlink untuk mengakses sumber daya terkait. Hyperlink akrab termasuk tombol, ikon, peta gambar dan teks yang dapat diklik. 

DNS adalah singkatan dari Domain Name System. Pemberian sebuah nama domain www.example.com, peramban akan meminta sistem nama Domain untuk menemukan IP yang host situs Anda. Ketika Anda mendaftar nama domain Anda, alamat IP Anda harus dimasukkan ke dalam DNS bersama dengan nama domain Anda. Tanpa melakukan hal itu nama domain Anda akan tidak akan berfungsi dengan baik. 

WEB, Pemahaman Dasar Sebelum Belajar WEB

W3C singkatan dari World Wide Web Consortium yang merupakan sebuah konsorsium internasional perusahaan yang terlibat dengan Internet dan Web. 
W3C didirikan pada tahun 1994 oleh Tim Berners-Lee, arsitek asli World Wide Web.Tujuan organisasi ini adalah untuk mengembangkan standar terbuka sehingga Web Developer dalam arah yang satu daripada menjadi pecah antara faksi-faksi yang bersaing. W3C adalah tubuh utama standar HTTP dan HTML.

to be continued ....

Postingan Lain yang terkait dengan Jenis web Browser :


Loading...
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments